Di Malang, Mentan Tawarkan Benih Padi Unggul IPB ke Petani

Categories:

Michael Agustinus - detikfinance
Selasa, 29/09/2015 09:41 WIB

Malang -Dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Blitar, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyempatkan diri untuk turun di tengah perjalanan dan berbincang dengan beberapa petani di Desa Sambi Gede, Kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada pukul 08.45 WIB.

"Mau tanam apa?" tanya Amran pada seorang petani di Desa Sambi Gede, Kecamatan Sumber Pucung, Malang, Selasa (29/9/2015).

"Padi Ciherang," jawab petani. 

Amran kemudian menghitung bulir-bulir padi yang ditanam petani tersebut. Dari jumlah bulir padi, dia dapat menyimpulkan bahwa produktivitas padi tersebut sekitar 3-4 ton gabah kering giling (GKG) per hektar. "Kalau mau hitung produksi, hitung bulirnya, ada 70 (bulir). Artinya sekitar sepertiga dari (benih padi) IPB 3S. Ini 3-4 ton per hektar," jelas Amran.
Get Adobe Flash player

Dia kemudian mengatakan kepada petani-petani yang ditemuinya, bahwa hasil panen yang dinikmati petani bisa naik sampai 3 kali lipat bila yang ditanam adalah benih padi unggul buatan IPB (Institut Pertanian Bogor), yaitu IPB 3S. Amran pun berjanji akan mengirimkannya ke Kabupaten Malang.

"Bayangkan kalau lahan ini ditanami IPB 3S. Capeknya sama, hasilnya 3 kali lipat. Nanti kita kirim ke sini ya," ucapnya.

Tak lupa Amran mengecek harga gabah dan beras di tingkat petani. "Harga bagus ya Pak? tanyanya. "Bagus Pak," ucap petani.

Dalam kesempatan ini, Amran juga mengingatkan Kepala Dinas Pertanian Jawa Timur yang mendampinginya agar cepat mengirimkan alat mesin pertanian (alsintan) ke petani. "Kalau alsintan sudah masuk, (petani) bisa tanam 3 kali. Panen dipercepat semua," tandasnya.

(rrd/rrd) 

InstaForex

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Di Malang, Mentan Tawarkan Benih Padi Unggul IPB ke Petani"

Post a Comment