Site Plan Akhirnya Dirubah

Categories:

Pembangunan Pasar Dinoyo dan Blimbing
MALANG- Ini adalah kabar gembira bagi pedagang Pasar Dinoyo dan Pasar Blimbing. Tuntutan pedagang  kedua pasar yang sedang dimoderinsasi itu untuk merubah site plan akhirnya terwujud. Kemarin sore, Wali Kota Peni Suparto memastikan merubah site plan dengan mengakomodir aspirasi pedagang. 
“Terjadi perubahan penting, yaitu akan merubah site plan Pasar Dinoyo dan Pasar Blimbing. Ini sesuai dengan keingian pedagang, kami mengakomodir apa yang menjadi aspirasi pedagang,” kata Inep,sapaan akrab Peni Suparto, kepada Malang Post,tadi malam. 
Perubahan site plan dua pasar tersebut  dilakukan setelah Inep mendengar dan mengamati berbagai aspirasi pedagang. Selain itu karena orang pertama di Pemkot Malang ini ingin memastikan bahwa pembangunan Pasar Dinoyo dan Blimbing untuk kepentingan pedagang dan masyarakat. 
Karena memastikan site plan pasar dirubah, Inep mengimbau pedagang untuk tidak lagi cemas dan resah. Dia juga berharap kepada pedagang di Pasar Dinoyo dan Blimbing tidak percaya pada isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. 
“Kepada masyarakat umum sebaiknya jangan dulu membeli tempat berdagang di Pasar Dinoyo dan Blimbing yang akan dibangun. Karena site plan kedua pasar itu akan berubah,”  tegasnya.
Dia mengimbau hal ini agar masyarakat tidak dirugikan. Sebab menurutnya, jika warga terlanjur membeli tempat berdagang seperti bedak, los atau pun toko, maka kondisinya bisa berubah dan tidak sesuai keinginan awal. “Karena site plannya berubah,” ucap mantan dosen IKIP Negeri Malang ini. Soal perubahan site plan, mantan anggota DPR RI ini mengatakan, disesuaikan dengan aspirasi pedagang. Yakni keberadaan pasar tradisional berada pada posisi yang strategis dan mudah dijangkau. 
Seperti diberitakan selama ini, pedagang Pasar Dinoyo dan Blimbing terus bergejolak karena mendesak perubahan site plan. Pedagang menolak site plan yang diusulkan investor karena menempatkan lokasi pasar tradisional pada posisi yang tidak strategis. 
Sikap Inep merubah site plan langsung ditanggapi pedagang. Ketua II Persatuan Pedagang Pasar Dinoyo, Herwintono mengatakan  pihaknya langsung menyambut baik kebijakan itu. “Saya kita itu hal yang bagus jika merubah site plan. Kami menyambut baik asalkan hak-hak pedagang tetap diperhatikan,” kata dia. 
Menurut Herwintono, sekarang tinggal merealisasikan pertemuan antara perwakilan pedagang dengan pemkot, terutama tim teknis. Tujuannya untuk membahas secara konkret tentang perubahan site plan pasar. 
“Jika dilanjutkan dengan pertemuan antara perwakilan pedagang dengan tim teknis pemkot, maka langsung dibahas tentang penggabungan konsep masing-masing pihak,” jelasnya. 
Sementara itu tadi malam, sekretaris Koordinator Persatuan Pedagang Pasar Blimbing, Sutrisno mengatakan, pihaknya menunggu bentuk konkret perubahan site plan. ”Kami tunggu hitam diatas putih tentang perubahan site plan dengan persetujuan dewan,” jelasnya sembari menambahkan, bahwa pemkot sudah mengetahui konsep perubahan site plan yang diinginkan pedagang. (van/nug)

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Site Plan Akhirnya Dirubah"

Post a Comment