Dewan: UNAS Batu jeblok tanggungjawab Mistin

Categories:

BATU- Surya- Jebloknya hasil ujian nasional (Unas) di Kota Batu disorot pemerhati pendidikan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pendidikan di Kota Batu. Mereka menilai, jebloknya hasil Unas itu terkait sistem pendidikan Kota Batu yang ‘sakit’.
Hal ini terungkap dalam dialog tripartid antara LSM, DPRD Kota Batu, para guru, serta masyarakat pemerhati pendidikan terkait jeleknya hasil Unas Kota Batu di Hotel Putri Bulan, Selasa (18/5).
Dikatakan Koordinator Malang Corruption Watch (MCW), Zia Ulhaq, mestinya hasil Unas bisa lebih baik karena syarat kelulusan tidak seketat tahun lalu. “Tahun ini, siswa bisa lulus meski memiliki nilai 4 di dua mata pelajaran, asalkan nilai rata-rata 5,5. Kok hasilnya tambah banyak siswa yang tak lulus. Artinya ada sistem yang “sakit” dalam proses pembelajaran maupun manajemen di Dinas Pendidikan (Dindik) Batu,” ujar nya.
Kritikan juga dilontarkan Marsudi, Guru SMK Islam Batu. Ujarnya, makin bertambahnya siswa yang gagal Unas wujud tidak adanya koordinasi yang baik antara Dindik dengan bawahannya, seperti guru dan siswa. “Dindik sibuk memikirkan proyek-proyek. Setelah 3-2 bulan jelang Unas, semua tergopoh-gopoh bikin program pembinaan intensif,” aku Marsudi.
Harijono MC, Mantan anggota DPRD Kota Batu, mengatakan, anggaran pendidikan tahun ini sebesar Rp 99 miliar. Anehnya, hanya sekitar 2,5 persen dari total dana itu yang dialokasikan untuk pembinaan pendidikan.
Mendapatkan banyak keluhan dari para peserta, Wakil DPRD Kota Batu, Suhadi, mengatakan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Mistin harus bertanggung jawab atas anjloknya angka kelulusan siswa ini.
“Kepala Dindik harus bertanggung jawab. Program pembinaan harus lebih dijalankan, baik guru, kepala sekolah hingga tingkatan pengawas dan orangtua siswa. Dan semua itu harus dilakukan mulai sekarang,” tandasnya.
Sementara Mistin, sulit dihubungi. Selain tidak hadir dalam dialog tersebut, ponselnya tidak diangkat ketika Surya menelepon.nera

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Dewan: UNAS Batu jeblok tanggungjawab Mistin"

Post a Comment