Mahasiswa Teknik Pengairan UB Malang Gelar World Water Campaign

Categories:

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Menyambut Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret mendatang, mahasiswa Teknik Pengairan Universitad Brawijaya (UB) Malang gelar acara pendahuluan berupa World Water Campaign di Alun-Alun MerdekaMalang, Minggu (19/3/2017).
World Water Campaign yang dihadiri oleh 200an peserta itu dilakukan dengan pawai berkeliling alun-alun, orasi di beberapa titik, dan talkshow dari komunitas peduli air.
Ketua Panitia World Water Campaign, Yoggie Azhary mengatakan acara tersebut fokus untuk mengedukasi masyarakat dan membentuk awareness mereka akan pentingnya menjaga airbersih.
"Sasaran kami adalah seluruh lapisan masyarakat yang mayoritas belum mengetahui hari air sedunia jatuh pada tanggal 22 Maret dan belum sadar pentingnya air bersih dalam kehidupan," ujar mahasiawa semester 6 itu.
Talkshow dari komunitas peduli air juga menekankan pada pentingnya air agar anak cucu kita nanti masih berkesempatan untik menikmati air bersih.
"Setiap tahunnya, kami menyaksikan sendiri penurunan kualitas airsungai Brantas dari segi warna, baru, dan rasa. Semakin banyak bahan kimia sehingga ikan tidak bisa berkembang biak," jelas Yoggie.
Aksi yang dilakukan mahasiswa Teknik Pengairan UB juga tidak hanya hari ini saja, tapi sudah berlangsung secara kontinyu yaitu menjaga kebersihan sungai Brantas, memberikan edukasi pada masyarakat, hingga menyediakan tempat sampah agar masyarakat terbiasa tidak membuang sampah di sungai.
"Karena air adalah sumber utama kehidupan. Ketika suatu wilayah tidak ada air, maka di wilayah itu juga tidak bisa ada kehidupan," lanjutnya.
Salah satu peserta talkshow, Irma Nur Aisyah mengatakan selama ini memang belum mengetahui adanya hari air pada tanggal 22 Maret setiap tahunnya.
"Acara ini berguna sekali karena bisa mendengar langsung pengalaman anggota komunitas peduli air dan cerita mahasiswa Pengairan yang mengerti langsung kondisi di lapangan," katanya.
Acara World Water Campaign itu akan berlanjut pada hari airsedunia tanggal 22 Maret yang akan diadakan di Lapangan Rektorat UB.
HashFlare

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Mahasiswa Teknik Pengairan UB Malang Gelar World Water Campaign"

Post a Comment