“Kontingen” Malang Jadi Primadona

Categories: ,

Jumat, 23 Juli 2010 20:05
BOYOLALI- “Kontingen” Sapi Perah asal Kabupaten Malang menjadi primadona dalam kontes ternak tingkat Nasional di Kabupaten Boyolali. Dua sapi perah asal Pujon merebut juara I dan II dalam nomor kontes sapi perah. Sapi-sapi itu merebut hati dewan juri sekaligus mengalahkan puluhan ekor sapi perah dari seluruh Indonesia.
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemkab Malang, Endy Kusaeri melaporkan kemenangan “kontingennya”, kemarin. Menurut dia, lomba ternak tingkat nasional itu diadakan oleh Kementerian Pertanian RI Direktorat Jenderal Peternakan. Kontes semacam itu diadakan empat tahun sekali dengan tujuan mendapat bibit ternak yang jempolan.
“Dua sapi perah asal Desa Pandesari Pujon merebut juara Nasional, sapi milik Riadi Juara I Nasional dan sapi milik Kuseri juara II Nasional,” ungkapnya. Kontes yang berlangsung mulai 21 hingga 22 Juli 2010, diadakan dengan beragam kelas perlombaan. Ternak yang dilombakan terdiri dari tiga macam katagori, yakni sapi potong, sapi perah dan kambing PE. Sapi potong meliputi sapi Bali dan sapi PO (Peranakan Onggole) jantan umur 2-3 tahun, betina umur 3-4 tahun. Sapi perah terdiri dari betina induk umur 3-4 tahun,dan dara umur 1-2 tahun.
“Dan kontes kambing PE terdiri atas jantan 2-3 tahun dan betina induk umur 2-3 tahun,“ katanya. Sebagai juara I dan juara II kategori sapi perah, maka setiap juara berhak mendapat uang Rp 15 juta, piala dan trophy. Dijelaskan dia, sapi perah kabupaten bisa menjadi juara karena memenuhi kriteria unggulan. Yakni puting susunya simetris dan berjumlah empat dengan kemampuan produksi diatas 35 liter per hari.
“Kontes ternak ini juga menjadi sarana promosi bibit ternak berkualitas, serta meningkatkan motivasi peternak untuk memproduksi bibit berkualitas,“ paparnya.
Untuk kelas perlombaan ternak yang lainnya, Endy mengatakan Jawa Timur harus pasrah tak merebut gelar. Namun secara keseluruhan, Jawa Timur masih mampu merebut posisi Juara II. Sedangkan Juara Umum direbut Provinsi Jateng sedangkan Juara III direbut Provinsi Jambi. (ary/mar)
 

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "“Kontingen” Malang Jadi Primadona"

Post a Comment